26 April 2016

Cara Export Nama File Dalam Suatu Folder Menjadi Text

Banyak yang ingin saya tulis..
tapi.. karena satu dan lain hal (salah satunya males kesibukan kerja), alhasil sudah lama ngga keurus lagi deh blog nya.

Kebetulan sekarang ada waktu lowong, sambil nunggu orderan dari istri tercinta, mari kita share satu trik simple nan bermanfaat ini.. hehe

Sesuai judul, saya ada keperluan untuk export/ekstrak nama-nama folder dan file yang ada di suatu folder di komputer saya ke dalam suatu file .txt. Ngga perlu repot-repot download aplikasi ini itu, proses ini nyatanya cukup dilakukan dengan satu baris command prompt.
Berikut step by step nya:

1. Masuk ke folder yang ingin di export
cd D:\Mi


2. Ketikkan perintah
dir > files.txt


3. Hasil export data akan tersimpan dengan nama files.txt di dalam folder yang sama sesuai step nomor 1

4. Selesai.. mudah kan. Kalau ingin menghapus tanggal modified datenya, bisa pakai tools seperti Notepad++ kemudian pakai fitur block nya (tahan tombol ALT + Drag text yang mau di blok)






29 February 2016

Glympse - Share location mu secara Real Time!

Kalau kamu mau share location secara realtime, kamu bisa mencoba aplikasi ini di hp android/ios mu.
Fungsinya adalah untuk men-share location kamu secara realtime dalam jangka waktu tertentu.
Fitur ini sendiri, biasa saya pakai kl mau menjemput mantan pacar (baca: skrg namanya istri).
Tapi sebenarnya fitur ini bisa juga dipakai kalau kita mau meet-up dengan teman atau kalau lagi konvoi dengan dua atau lebih kendaraan bersama keluarga, jadi masing-masing orang bisa terpantau posisinya ada dimana.secara realtime. Dulu sih seingat saya, pernah ada fitur serupa di aplikasi Google Maps, fitur nya dinamakan LATITUDE, tapi ngga tau skrg saya cari belum ketemu lagi fitur tersebut. (Mungkin ada yang tau? hehe )

Apa yang di share oleh aplikasi ini? Yang akan di share disini adalah lokasi dan rute perjalanan yg anda tempuh beserta kecepatannya (diambil dari data gps di handset/hp yang anda gunakan).
Teknis sharingnya menggunakan link HTTP, jadi bisa dibuka di komputer atau browser hp (kalau si penerima belum punya aplikasinya). Jadi, menurut saya aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan yang sy inginkan.

25 January 2016

Parsing Excel Document di dalam Java

Dalam sebuah project yang pernah saya kerjakan, ada kebutuhan untuk menterjemahkan data yang ada pada document Ms. Excel (.xls, xlsx) agar dapat dibaca dan diolah oleh program (Java) dan dapat ditulis ke dalam database (Oracle DB).

Untuk keperluan ini, kita dapat menggunakan library dari Apache POI. Anda dapat mendownload JAR di website resmi Apache POI, namun untuk kebutuhan tulisan ini, versi library yang saya gunakan adalah poi v3.9. Jika anda ingin mengolah file XLS, maka gunakan package HSSFSheet, namun kalau yang ingin anda olah adalah file XLSX, maka gunakan package XSSFSheet.


06 January 2016

Reading Application Terbaik

Reading Apps disini maksud saya adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk membaca berita, blog atau artikel dari internet. Jadi kita bisa baca-baca berita, hiburan atau update teknologi cukup dengan satu aplikasi ini saja. 
Sebut saja Flipboard, Google Reader, Pulse atau Feedly yang akan kita bahas disini.
Kenapa saya pilih Feedly? Setelah mencoba beberapa aplikasi-aplikasi diatas, awalnya saya menggunakan flipboard, tapi lama-lama kok berasa lebih berat dan kadang suka problem ketika me-retrieve konten dari source artikelnya. Akhirnya saya mencoba Feedly dan merasa lebih cocok dan nyaman menggunakan aplikasi ini.
Sebagai catatan. saya menginstall aplikasi ini di gadget Android yang spek nya bisa dibilang mid-level (secara perkembangan teknologi cepet bener). Dan aplikasi ini dapat berjalan lancar serta menurut saya lebih ringan dibandingkan dengan Flipboard, layout kontennya bisa kita atur sesuai selera kita dan pengaturannya nggak pakai ribet. Source berita/artikel bisa kita kelompok-kan sesuai kategori yang kita inginkan sehingga navigasinya akan menjadi lebih mudah.
Sekali lagi, ini semua hanya dari penilaian dan pengalaman pribadi ya. Kalau ada review dari anda, monggo aja disampaikan di blog ini. 
Penasaran ingin mencoba? Aplikasi ini bisa anda dapatkan di Google Play atau App Store secara gratis. 

Feedly splash screen
Navigation Menu
Content

05 January 2016

Belajar Mikrotik dengan RB951Ui-2HND

Sebenernya gambar ini sudah saya jepret setahunan yang lalu, dan niatnya mau saya posting di blog. Cuma karena kendala teknis saya yang males-malesan, jadinya ya bablas deh.

Di postingan ini, saya cuma ingin share review saya menggunakan routerboard ini. Pertama-tama, kenapa saya pilih merk Mikrotik? Karena memang merk ini sudah sangat terkenal seantero Praktisi IT Networking, karena kehebatan Router OS-nya dalam mengatur paket data, bandwidth, dll. Di kantor saya saja admin-nya pake mikrotik, walhasil saya jadi ngga bisa youtube-an waktu jam kerja deh.. hehe
Routerboard ini sebenernya mirip banget sama RB750, cuma perbedaan yang mencolok adalah pada routerboard ini, sudah mendukung wireless dan bisa dicolok usb modem, sehingga buat saya ini menjadi cukup ringkas.

Saat ini, routerboard ini saya pakai untuk kost-kost an sebanyak 14 kamar dan selalu on selama 1,5 tahun belakangan ini (kecuali mati lampu ya :D). Overall, routerboard ini cocok sekali untuk anda yang ingin belajar mengenai Networking dan mikrotik khususnya. Routerboard ini juga cukup user friendly untuk pengguna awam sekalipun, karena dia memiliki fitur quick setting yang cukup mudah digunakan.

Pros:
- Sudah include license Router OS lv4
- Performanya sangat bagus dengan cpu dan ram yang bisa dibilang cukup besar
- Konektivitas (USB/Wireless LAN)
- Jangkauan signal lebih jauh dan lebih kuat dibanding router TP-Link 3420 yang saya miliki
- Adem.. ga gampang panas dan ga gampang nge-hang

Cons:
- Harganya yang bisa dibilang lebih mahal 2x s/d 3x router wireless yg ada dipasaran



Product Details:
Product Code RB951Ui-2HND
CPU AR9344 600MHz
Main Storage/NAND 64MB
RAM 128MB
LAN Ports 5
Switch Chip 1
Integrated Wireless 1
Wireless Standarts 802.11 b/g/n
Wireless Tx Power 30dbm
Integrated Antenna Yes
Antenna Gain 2 x 2,5dBi
RouterOS License Level4

packaging nya simple
routerboard nya itu yang di belakang nyolok ke modem smartfren