24 January 2010

E-Toll Card Mandiri - Mudah dan Cepat Kah???


Apa itu e-Toll Card ??


Kartu prabayar contactless smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk dan PT Marga Mandala Sakti untuk transaksi pembayaran tol. e-Toll Card menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) yang memungkinkan transaksi dapat dilakukan dari jarak jauh (contactless). Saldo tersimpan pada chip kartu sehingga pada saat transaksi e-Toll Card tidak dibutuhkan PIN atau tanda tangan. Maksimal limit kartu adalah Rp. 1.000.000,- (sesuai ketentuan Bank Indonesia).

Manfaat e-Toll Card
Dengan menggunakan e-Toll Card, Anda dapat melakukan pembayaran yang mudah dan cepat untuk keperluan sebagai berikut :

   1. Pembayaran tarif tol di gerbang tol yang bertanda "e-Toll Card" pada ruas tol sebagai berikut :
          * Cawang - Tomang - Cengkareng
          * Cawang - Tanjung Priok - Pluit
          * Cikupa - Merak
   2. Pembelian BBM di SPBU di wilayah Jabodetabek (mulai 15 Maret 2009)
   3. Pembelanjaan di Indomaret (mulai 15 Maret 2009)



Meskipun sudah diluncurkan dalam waktu yang cukup lama, ternyata masih banyak keluhan yang dirasakan oleh masyarakat yang telah menggunakan layanan yang satu ini. Diantaranya adalah Saldo terdebit 2X dan pelayanan yang sama "lambatnya" dengan cara pembayaran konvensional (dengan uang).

Sebagai tambahan referensi bagi anda, berikut ini saya lampirkan sebagian keluhan masyarakat yang saya temukan di internet :
1. E-Toll Card Mandiri Masih Mengecewakan 
2. Hati-Hati Menggunakan E-Toll Card Bank Mandiri


Bagaimana menurut anda?? Apa ada termasuk orang yang puas terhadap layanan ini atau sebaliknya? Silahkan berbagi disini : ).

1 comment:

  1. Saya pribadi lebih senang kalo kembali ke kartu langganan, karena saya sendiri merasa maanfaatnya secara ekonomis, ini saya tiap hari kerja pasti pulang pergi melalui tol, jadi biarpun hanya 10% persen akan berdampak significant dalam mengurangi pengeluaran saya, dan setelah saya baca-baca tentang e-toll card, saya merasa malah rugi memakai e-toll card, sebagai contoh kalo kita saldo kita sisa 7000 dan sekarang harga masuk tol 7500, hanya karena kurang 500 perak saya harus ke bank atau ke atm untuk ngisi ulang buang waktu dan buang biaya,saran saya kembalikan ke jaman toll langganan saja

    ReplyDelete