05 January 2016

Belajar Mikrotik dengan RB951Ui-2HND

Sebenernya gambar ini sudah saya jepret setahunan yang lalu, dan niatnya mau saya posting di blog. Cuma karena kendala teknis saya yang males-malesan, jadinya ya bablas deh.

Di postingan ini, saya cuma ingin share review saya menggunakan routerboard ini. Pertama-tama, kenapa saya pilih merk Mikrotik? Karena memang merk ini sudah sangat terkenal seantero Praktisi IT Networking, karena kehebatan Router OS-nya dalam mengatur paket data, bandwidth, dll. Di kantor saya saja admin-nya pake mikrotik, walhasil saya jadi ngga bisa youtube-an waktu jam kerja deh.. hehe
Routerboard ini sebenernya mirip banget sama RB750, cuma perbedaan yang mencolok adalah pada routerboard ini, sudah mendukung wireless dan bisa dicolok usb modem, sehingga buat saya ini menjadi cukup ringkas.

Saat ini, routerboard ini saya pakai untuk kost-kost an sebanyak 14 kamar dan selalu on selama 1,5 tahun belakangan ini (kecuali mati lampu ya :D). Overall, routerboard ini cocok sekali untuk anda yang ingin belajar mengenai Networking dan mikrotik khususnya. Routerboard ini juga cukup user friendly untuk pengguna awam sekalipun, karena dia memiliki fitur quick setting yang cukup mudah digunakan.

Pros:
- Sudah include license Router OS lv4
- Performanya sangat bagus dengan cpu dan ram yang bisa dibilang cukup besar
- Konektivitas (USB/Wireless LAN)
- Jangkauan signal lebih jauh dan lebih kuat dibanding router TP-Link 3420 yang saya miliki
- Adem.. ga gampang panas dan ga gampang nge-hang

Cons:
- Harganya yang bisa dibilang lebih mahal 2x s/d 3x router wireless yg ada dipasaran



Product Details:
Product Code RB951Ui-2HND
CPU AR9344 600MHz
Main Storage/NAND 64MB
RAM 128MB
LAN Ports 5
Switch Chip 1
Integrated Wireless 1
Wireless Standarts 802.11 b/g/n
Wireless Tx Power 30dbm
Integrated Antenna Yes
Antenna Gain 2 x 2,5dBi
RouterOS License Level4

packaging nya simple
routerboard nya itu yang di belakang nyolok ke modem smartfren

No comments:

Post a Comment