19 June 2016

Apa itu Maximo???

Apa itu Maximo? Maximo adalah sebuah aplikasi ERP yang memiliki fungsi untuk operation, maintenance, dan disposal dari asset-asset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.
Dahulu, inilah definisi yang saya tangkap ketika pertama kali berkenalan dengan IBM Maximo Asset Management System. Namun setelah berkenalan lebih jauh, ternyata kalimat tersebut tidak cukup untuk menggambarkan apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini.
Kalau menggunakan kalimat saya sendiri, mungkin definisi maximo adalah sebuah ERP yang sangat powerfull, dynamic (kemudahan untuk kustomisasi modul/workflow), fungsinya cukup kompleks dan unik.
Di tempat saya bekerja, Maximo tidak hanya digunakan untuk me-maintain asset, tapi lebih dari itu, Maximo digunakan dari permintaan pengadaan (user request barang menggunakan modul store issue request ) - proses pengadaan (kalau barang ada di inventory/gudang, tinggal di-issue, namun kalau ngga ada, nantinya akan berlanjut ke proses pengadaan PR/RFQ/PO) - kemudian proses receiving (barang masuk gudang, vendor melakukan invoicing) - sampai barang tersebut digunakan dan dimaintain secara rutin (seperti kalau motor itu ada service bulanan- service 3 bulanan dll)
Lanjut lagi nanti di artikel selanjutnya (kalau lg rajin nulis ^_^)