31 March 2017

Asyiknya Bermain Plarail

Plarail. Tadinya itu adalah kata yang sangat asing atau mungkin belum pernah saya dengar. Tapi sebulan belakangan ini, tiba-tiba saya kegandrungan dengan yang namanya Plarail ini. Apa itu Plarail? Mungkin istilah Tomica yang lebih sering di denger ya. Jadi Plarail (プラレール Purarēru?) yang dalam bahasa inggris dibaca Play rail, adalah mainan dengan jenis kereta-keretaan yang dibuat oleh perusahaan yang kini bernama Takara Tomy. Perusahaan ini juga yang memproduksi mainan mobil-mobilan (diecast) yang disebut Tomica (dalam bahasa inggris bisa juga disebut Tomi Cars). Selain kereta dan mobil ini, perusahaan ini juga memproduksi mainan dengan tema hewan (Ania) dan lain-lain yang nantinya menjadi Tomica World. Ribet ya hehe..

Source: http://plarailukcentral.blogspot.co.id/
Jadi awalnya itu saya mau beli mainan tomica buat anak saya cuma setelah dipikir-pikir mainan itu bahannya besi (diecast) dan cukup bahaya buat anak saya yang saat ini masih berumur 10 bulan-an. Setelah celingak-celinguk, tiba-tiba liat dus dengan gambar kereta Thomas yang cukup menarik. Diskusi sebentar dengan ibu negara dengan alih-alih "atas nama anak" (padahal bapaknya yang dari kecil pengen bener punya mainan semacam ini), akhirnya jadi deh beli mainan kereta-keretaan ini. Memang betul sih kata orang, kalo punya anak cowok, biasanya bapaknya itu ikutan jadi anak kecil lagi (baca : masa kecil yang kurang bahagia).

Plarail yang saya beli, karakternya Thomas (disini saya baru ngeh, meski sama-sama warna biru, tapi ada yang namanya Thomas, Edward dan juga Gordon, beda di nomor nya wkwkw) yang diambil dari serial anak Thomas and Friends, tapi selain karakter Thomas and Friends mereka juga punya kereta-kereta dengan karakter lain seperti Chuggington, Disney, dan juga kereta-kereta Jepang yang real ada di dunia nyata, salah satunya itu kereta-kereta yang saat ini digunakan oleh Commuter Line di Indonesia. Serunya, Plarail ini itu bisa dibongkar pasang dan didesain sesaui imajinasi anak-anak (dan bapaknya). Jadi mirip-mirip Lego sih, jadi nantinya ngga gampang bosen. Dan mereka (Tomi Takara) juga menjual parts rel kereta dengan beragam bentuk, dari yang double track, pertigaan, putaran balik, dll, yang bisa membuat jalur kereta ini makin kompleks. Cuma minusnya, nyari spare part dan keretanya ini susah banget, dan kalaupun ada, biasanya agak mahal. Sampai akhirnya ketemu komunitas Plarail Indonesia yang cukup bersahabat orang-orangnya dan senasib (awalnya beliin buat anak, lama-lama bapaknya yang ketagihan). Di komunitas ini, ada group jual beli nya (Plarail Indonesia - Market Place) yang kadang ada part atau kereta yang bisa kita dapatin dengan harga murah, tapi ya gitu, kalau ada yang harganya murah, mesti saingannya banyak jadi mesti cepet-cepetan sama temen-temen yang lain.

Source: http://plarailindonesia.com/


Set Thomas dengan Jembatan Goyang (Suspension Bridge)

Layout nya masih cupu

Asyiknya makan bermain plarail :)

2 comments:

  1. Oo yang rel nya ini to, ini juga ada di Ryan Toys Review

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kadang suka liat channel itu..
      hepi bener itu anak sm bapaknya, tiap hari ngereview mainan mulu hehe

      Delete