01 March 2017

Tips Mengatasi 100% Disk Usage di Windows 8.1


Wah, target nulis satu bulan minimal satu postingan sepertinya gugur di bulan februari. Draft nya udah ada 1-2 judul, tapi ada aja alasan untuk menunda. Tapi seperti kata pepatah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, jadi mari kita lanjut "draft" ini menjadi postingan yang seutuhnya. hehe

Jadi begini, problemnya di komputer kantor sering betul nge-hang, dan setelah di trace komputer tersebut hang karena disk usage yang sampai di angka 98-100%, sementara memory (RAM) dan processor usage nya masih di rentang 20-30%. Dan kejadian ini, sehari bisa terjadi berkali-kali. Kok bisa? Nah iya, saya juga penasaran, kok bisa begitu.

Awalnya kecurigaan mengarah ke aplikasi Avamar yang dipakai kantor untuk membackup disk komputer kita, apabila sewaktu-waktu disk nya corrupt/hilang/dilock sm virus (kebetulan dulu sempet hits virus yang meng-encrypt folder/files dan minta tebusan untuk ngebuka nya), ict department tinggal me-restore hasil backup-an tersebut ke pc kita. Tapi setelah dicek en ricek, ternyata komputer saya ngga jalan aplikasi Avamar tersebut.

Next, kecurigaan ke Antivirus tapi setelah dicek konfigurasinya, ngga ada itu namanya scheduled scanning tiap berapa jam. Tapi kebanyakan software antivirus, punya fitur On Access Scan atau dia otomatis scan folder/file yang sedang kita buka, dan fitur ini sedikit banyak juga pasti makan resource, khususnya terkait disk usage diatas. Tapi biarkan lah setting an itu seperti itu, toh memang perlu juga.

Setelah mentok, akhirnya baca-baca sana sini, ketemu lagi suspect yang menyebabkan problem disk usage tadi, yaitu Windows Search dan Windows Superfetch. Konon, menurut artiket tersebut, di OS Windows 8 ke atas ada service (berjalan di background) yang berfungsi untuk indexing folder, file, email dan lain-lain, sehingga ketika kita melakuan search, hasilnya akan sangat cepat muncul. Saya merasakan sih kemudahan ini ketika mencari-cari email di Ms Outlook yang ukurannya udah bergiga-giga, untuk mencari email sesuai kriteria yang saya pilih, hasilnya cukup cepat. Tapi ternyata dibalik itu, hal ini lah salah satunya yang menyebabkan Disk usage saya menjadi 100%. Satu lagi yang ikut berperan adalah service Windows Superfetch. Nah kalo ini gunanya apa,setahu saya sih semacam temporary files (kalo di XP dulu namanya prefetch, tp gak tau itu barang yang sama apa ngga), lebih jelasnya bisa di googling dan di share disini :)

Oke, jadi apa yang saya lakukan? Saya coba disable kedua service tersebut. Caranya, buka command prompt as Administrator, kemudian ketik perintah berikut untuk men-stop windows search
net.exe stop "Windows search"
lalu ketik enter. Setelah ketik juga perintah berikut untuk men-stop superfetch
net.exe stop superfetch

Kalau mau permanent, bisa bukan Windows Services
Run >> ketik services.msc
Lalu cari Windows Search dan Superfetch, dan di disable. Untuk start stop servicenya juga bisa dari sini sebenernya.

Saya coba hampir sebulan, Alhamdulillah sudah ngga pernah ketemu lagi problem Disk Usage 100%. Tapi problem nya adalah, kalo saya mau nyari email, file dan folder tertentu di komputer saya, lama nya minta ampun, dan terkadang malah jadi No Result. Kenapa? ya karena service nya ta matiin wkwkwk.

Jadi, monggo dipilih sesuai kebutuhan. Performance or Usability?

Wassalamu'alaikum.

No comments:

Post a Comment