06 January 2017

Review Noosy Multimedia HDMI Dock

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya yang berjudul LCD Samsung Galaxy S4 I9500, disini saya akan coba sehare sedikit pengalaman saya dengan aksesoris ini.

Setup
Untuk setup-nya terbilang cukup mudah, jadi dock ini punya beberapa port yaitu:
  1. Port MicroUSB/Charger, supaya HP bisa ON terus sambil digunakan (cara seperti ini sih sebenernya agak kurang recommended, karena bisa mengurangi umur baterai, tapi berhubung batre hp saya sudah begitu adanya, ya ngga apa-apa jadinya)
  2. Port HDMI, gunanya untuk menampilkan display dan audio dari hp kita ke TV/Monitor.
  3. Port USB, ada 2 port usb, disini saya gunakan untuk menghubungkan mouse karena lcd hp saya sudah rusak, jadi ga bisa di kontrol kecuali pakai mouse.
  4. Terakhir, port MicroUSB untuk dihubungkan ke HP. Oiya, dock yang saya gunakan ini didesain untuk Samsung S/Note series, jadi kalau dicolok ke HP lain mungkin dock nya agak2 kurang pas. Pastikan juga HP nya mendukung teknologi MHL supaya bisa menampilkan displaynya ke TV ya.

Penampakannya seperti ini (agak berantakan waktu ngetes di kantor)






Fungsi
Terus apa fungsinya? Disini saya coba memanfaatkan hp saya yang sudah rusak untuk menjadikan TV dirumah menjadi TV yang SMART dengan system android (bahasanya sok iye bener hehe). Jadi, di hp itu saya bisa install aplikasi seperti Skype untuk video call, game-game android kalau keponakan-keponakan yang main ke rumah, dan yang paling sering sih untuk nonton film.
Disini saya install aplikasi PopcornTime yang bisa diunduh gratis ke android, tapi sayangnya tidak tersedia di playstore (sepertinya karena masalah legalitas), jadi bisa download apk (installer) nya terus diinstall. Sebenarnya ada lagi aplikasi keren untuk nonton film, yaitu Kodi (yang dahulu namanya XBMC), tapi karena menurut saya aplikasi ini lebih mudah dan cepat.

Tampilannya kurang lebih seperti ini, jadi kita bisa pilih mau nonton Cinema atau Anime dan kategorinya mau Movie/TV series. Jadi untuk bapak beranak satu yang sudah hampir lupa rasanya nonton di bioskop, ini jadi pengobat rasa rindu nonton film-film box office.

Homescreen Popcorn Time


Penampakan HP dan HDMI Dock nya

Summary
Overall, ini dock ini melebihi ekspektasi saya dengan harga yang terbilang cukup murah (di bawah 100rb) namun tidak terlihat seperti barang murahan dan performanya menurut saya ok banget ketika dicoba untuk nonton 2 film secara marathon (kurang lebih 4 jam), baterai hp masih di angka 90-an persen yang artinya konsumsi daya dock ini ngga terlalu besar. Dock ini cocok untuk disandingkan dengan tv datar kamu yang belum SMART, supaya makin smart :)
Semoga tulisannya bermanfaat..

1 comment:

  1. perangkat yg menarik, sayang kayaknya yg harga segitu khusus utk S4 ya mas?

    ReplyDelete