04 November 2016

Aksi Damai 4 November 2016 (411)

Pada hari ini Jumat 3 Safar 1438 Hijriyah atau 4 November 2016 Masehi, tepatnya setelah sholat jumat akan diadakan Aksi Damai untuk meminta penegakan proses hukum terhadap Ahok yang dalam kesempatan terpisah telah menyampaikan statement yang menurut sebagian besar ulama, mengandung unsur penistaan agama. Banyak sekali broadcast artikel yang disebar di medsos ataupun di whatsapp, yang berisi tulisan dari yang benar sampai yang ngawur, dari yang jelas fakta dan datanya sampai motede cocoklogi yang entah belajar dimana, dari yang adem hati sampai yang bikin panas telinga. Sikap preventif juga ditunjukkan oleh pemerintah, dari pengamanan ekstra ketat, pertemuan kesana kesini, dan yang terkahir adanya penutupan sebagian website yang dianggap mengandung isu SARA.

Apa boleh kita berburuk sangka (suuzdon) kepada orang lain?
Apa pantas kita menghujat para ulama dengan keilmuannya, sementara kita yang fakir ilmu dan masih penuh dosa?
Apa pantas kita menghujat pemerintah sementara syariat kita tidak mengajarkan cara seperti itu dalam menasihati pemerintah?
Apa pantas kita men-judge saudara-saudara kita ini yang berangkat, pasti dibayar sama si A atau si B hanya berdasar kata orang?
Apa dibolehkan kita main hakim sendiri, mengancam membunuh dan sebagainya, sementara ada aparat yang berwenang menindak hal tersebut?
Saya rasa kita semua sepakat, jawaban dari semua pertanyaan diatas adalah tidak.

Jadi, bagaimana sikap kita?
Yang mau turun bersama dalam aksi tersebut, mari turun dengan semangat dan akhlak islam yang baik.
Yang tidak turun pun, tidak perlu men-judge saudara-saudara lainnya, tapi doakan agar Allah menjaga mereka dan aksi dapat berjalan aman dan damai.
Doakan pemerintah dan penegak hukum dapat bekerja dengan baik dan netral.
Doakan ahok agar dia mendapat hidayah dan tidak mengulangi hal ini lagi.
Dan terakhir, semoga aksi berjalan aman, damai dan tidak ada kericuhan yang terjadi, sert semoga persatuan Indonesia, khususnya umat muslim Indonesia semakin terjaga.

Aamiin..

1 comment:

  1. Tetap jaga ukhkuwah islamiyah dan akhlakul karimah.

    ReplyDelete