02 November 2016

Remote Kamera DSLR Menggunakan HP

Entah sudah berapa lama postingan ini saya simpan sebagai draft, tapi belum kunjung saya posting juga. Beruntung ada teman kantor yang bisa menjadi panutan, Mas Galih namanya. Semangat nya nge-blog, terkadang membuat saya yang mulai malas menulis, menjadi termotivasi lagi untuk sharing tulisan sederahana ini. Supaya ngga terlalu panjang intermezo, langsung aja ke main discussionnya ya.


Requirements
Complete Setup


Nah disini, saya ingin share sebuah aplikasi mobile yang saya rasa cukup berguna bagi teman-teman yang punya hobby atau bekerja di bidang fotografi. Nama aplikasi yang dimaksud adalah DSLR Controller, fungsi nya adalah sebagai view finder dan control dari kamera DSLR menggunakan smartphone kita. Dalam membuat tulisan ini, saya menggunakan hp Samsung Galaxy S4 dan kamera Canon EOS 60D.

Jadi hp kita hubungkan dengan kabel OTG, kemudian kita hubungkan dengan kamera menggunakan kabel USB. Ketika sudah terhubung, kita bisa memotret dan mengatur konfigurasi kamera dari hp kita tadi. Jadi sama aja dong fungsinya dengan bawaan aplikasi Canon EOS Utility yang dapat digunakan di platform PC? Betul sekali, hanya saja disini role PC atau Notebook tadi, sudah digantikan oleh smartphone kita. Lebih ringkes kan jadinya.

Oiya, jadi cara ini dulu sebenernya saya dapat ketika ingin melakukan foto produk/foto anak. Jadi kamera sudah menempel di tripod nya, baru saya koneksikan dengan hp dan aplikasi ini. Salah satu fitur nya juga adalah remote shutter, jadi bisa dipake untuk selfie foto bareng keluarga sebagai alternatif fungsi timer yang mengharuskan kita lari2 ke barisan supaya ikut ke foto.

Yah, kurang lebih itu dulu yang dapat saya share, mudah-mudahan bisa disambung lagi lain waktu.

Images source : link  (thanks so much)

3 comments:

  1. Like this gan, ini bisa save hasil kamera ke hp ga? Jadi bisa langsung share ke social media, hehehe

    ReplyDelete
  2. wah ini menarik, dan ya ya mas Galih itu emang keren dijadikan panutan, rajin ngeblog dan tulisannya rapi.

    Salam kenal mas

    ReplyDelete